Posted by : Adrie Satrio Senin, Mei 17, 2010

Media pembelajaran banyak jenisnya, berdasarkan pengklasifikasiannya ada yang disebut dengan media pembelajaran berupa cetak. Media pembelajaran berupa cetak ini memiliki ciri-ciri yang sangat jelas, diantaranya, bersifat tertulis. Contoh nyata dari media cetak ini sendiri berupa buku, buku merupakan media berbentuk cetak yang sangat sering digunakan dalam proses belajar dan mengajar khususnya di Indonesia. Di Indonesia perkembangan media berbentuk cetak ini sudah dikatakan berhasil, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya para pengarang buku, penerbit buku, serta pengguna media cetak itu sendiri. Namun buku di Indonesia masih memiliki kekurangan-kekurangan yang harus dibenahi terutama mengenai isi buku ini sendiri, karena dapat menganggu proses pentransferan ilmu. Buku sebagai media pembelajaran harus mempunyai nilai – nilai dan isi yang tinggi agar dapat menjadi media yang berhasil dalam proses pembelajaran.


Sumber gambar dari google book.

Buku merupakan sebuah media pembelajaran yang mempunyai keuntungan yang banyak bagi para pemakainya, karena dapat menambah berbagai pengetahuan dan informasi. Sebagai seorang guru perlu melakukan interaksi dengan buku karena guru dapat berperan sebagai pentransfer ilmu, dengan demikian para siswa dapat memperoleh ilmu pengetahuan secara langsung dari guru yang mengajar. Guru juga dapat mengembangkan lagi isi dari buku tersebut. Buku yang telah dipahami oleh guru dapat menjadi informasi yang lebih luas lagi. Dan guru memberikan informasi yang lebih luas tadi dengan media buku.
Menurut beberapa pakar penguasaan sebuah materi banyak menggunakan indera penglihatan yaitunya mata. Jadi secara tidak langsung buku merupakan sarana dalam belajar yang membuat para pembacanya memahami ilmu yang terdapat dalam buku itu sendiri.
Media buku memang merupakan media pembelajaran yang baik dan dapat efektif apabila kita dapat menerima pesan yang disampaikan oleh buku tersebut.

Sumber : Makalah Adrie Satrio, Rizki Akbar, Universitas Negeri Yogyakarta 2009, Jurusan Teknologi Pendidikan ^^

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

- Copyright © ^" Element of Fire "^ -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -