Posted by : Adrie Satrio Senin, Mei 17, 2010

Salah satu hobi saya yang sangat saya senangi adalah menonton film kartun atau anime jepang. Waktu kelas tiga SMA saya berpikir, apakah saya salah masih melakukan hobi saya tersebut?????
Tapi akhirnya saya tetap saja melakukannya dan terus menerus sampai sekarang.
Setelah saya kuliah di tempat saya kuliah sekarang saya terpikir lagi dengan hal tersebut. Akhirnya saya punya alasan logis dari hal tersebut. Saya mendapatkan pembelajaran saat saya menonton kartun. Walaupun tidak semua kartun, tapi sebagian kartun banyak yang memiliki pesan pembelajaran. Menurut saya cocok untuk pembelajaran orang yang sudah berfikir abstrak, usia SMA dan Kuliah. Dalam beberapa kartun seperti kartun fiksi, legenda, ataupun kartun lainnya pasti memiliki pesan penting di setiap akhir ceritannya. Seperti sebuah pesan moral yang dapat dimengerti oleh orang yang berfikir abstrak.
Dalam kartun legenda, kita dapat mempelajari sejarah yang terjadi di sana, sejarah yang belum kita ketahui bisa kita dapatkan dalam kartun tersebut. Kemudia kita dapat belajar banyak tentang alam, tentang penggunaan alat - alat dan sebagainya dalam kartun fiksi. Selain itu kartun juga membuat (saya khususnya) termotivasi untuk menciptakan kartun juga karena sangat menarik perhatian saya. Saya tertarik dan penasaran bagaimana kalu kita dapat membuat kartun yang menarik tersebut dan mempunyai pesan pembelajaran yang baik di dalamnya namun tetap menghibur penontonnya.



Avatar : Legend of Aang
Ini adalah salah satu kartun yang punya pesan moral dan juga merupakan sejarah, apabila kita sudah berfikir abstrak pasti akan mengerti maksud kartun ini.

Sumber : My Brain ^^

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

- Copyright © ^" Element of Fire "^ -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -